Gejala Kanker Darah Pada Anak Balita

      No Comments on Gejala Kanker Darah Pada Anak Balita

Penting bagi anda para orang tua untuk mengenali gejala kanker darah pada anak,mengingat kanker darah atau leukimia merupakan jenis kanker yang lebih sering di jumpai pada anak-anak dan ini merupakan jenia kanker yang menyerang sel darah putih.

gejala kanker darah pada anak

Leukimia ( kanker darah ) adalah kondisi dimana jumlah sel darah putih lebih banyak dibandingkan dengan sel darah merah serta sel darah putih ini bersifat abnormal.Leukimia terjadi karena proses pembentukan sel darahnya tidak normal. Sel induk darah gagal terbentuk dan tidak matang tepat pada waktunya. Akibatnya dua tipe sel darah putih jumlahnya berlebih dan berkembang yakni sel myeloid dan lymphoid, jika jumlah sel abnormal tersebut semakin banyak, maka fungsi sel darah putih yang tadinya bertugas melindungi dan melawan infeksi, berubah menjadi sel ganas yang menyebabkan gejala yang menyimpang.

Nah lalu apa saja gejala kanker darah pada anak yang patut diketahui dan waspadai ?

Gejala yang pertama adalah anak akan mengalami mudah capek dan mukanya terlihat pucat,hal tersebut karena tubuh anak kekurangan sel darah merah yang disebabkan oleh  kelainan pada sel darah putih, sehingga sel darah putih membunuh sel darah merah dan sel darah lainnya.Fungsi sel darah merah sendiri ialah sebagai pengedar nutrisi, dan oksigen ke seluruh tubuh. 

Gejala yang ke dua adalah infeksi disertai demam yang tak kunjung sembuh.Selain kedua gejala tersebut seorang anak yang terindikasi terserang penyakit kanker darah juga akan mengalami beberapa gejala lainnya yang muncul karena kanker menyebar kebagian organ tubuh lainnya.Gejala tersebut ialah seperti kejang, pembengkakan gusi, nyeri tulang, perut yang terlihat membesar, dan testis yang terlihat membesar dan keras.

Nah jika anda selaku orang tua menemui beberapa gejala atau keluhan diatas pada anak anda maka segera hubungi pihak yang bersangkutan ( dokter ) guna mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat sehingga gejala tersebut tidak berdampak lebih buruk kepada buah hati anda.

” Semakin dini dan cepat seorang anak yang terkena kanker darah ditangani, semakin besar kemungkinan untuk anak ini dapat disembuhkan “

Itulah sebabnya mengapa sebagai orang tua kita wajib mengetahui beberapa gejala leukimia pada anak agar anak anda bisa terhindari dari resiko terburuk akibat kanker darah tersebut.

Baca Juga : Pengobatan Kanker Darah Secara Tradisional

Demikianlah sekilas tentang gejala kanker darah pada anak ini semoga bermanfaat dan bisa menambah pengethuan anda,terima kasih banyak sudah berkunjung di www.apotek45.com ini dan dapatkan info kesehatan lainnya hanya disini di www.apotek45.com,terima kasih !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *