Gejala Awal Dispepsia Yang Harus Diwaspadai

      No Comments on Gejala Awal Dispepsia Yang Harus Diwaspadai

Gejala awal dispepsia yang harus diwaspadai – Dispepsia merupakan kondisi di mana adanya gangguan pada kesehatan perut di area atas. Berdasarkan gejala dominan, dispepsia terbai menjadi 3 jenis yakni :

  1. Jenis Dismotilitas. Penderita dispepsia tipe ini biasanya akan mengeluhkan perut kembung, mudah mual dan mudah kenyang.
  2. Jenis Ulkus. Sedangkan dispepsia tipe ini akan lebih cenderung mengeluh soal ulu hati yang terasa nyeri.
  3. Jenis Nonspesifik. Dan dispepsia tipe ini biasanya terjadi keluhan yang tidak begitu jelas untuk dimasukkan ke jenis dismotilitas ataupun jenis ulkus.

Gejala Awal Dispepsia Yang Harus DiwaspadaiUntuk lebih jelasnya, yuk kenali beberapa ciri atau gejala dispepsia yang umumnya banyak terjadi dan dikeluhkan :

  • Perut kembung – Salah satu gejala yang paling terasa adalah perut kembung. Asam lambung yang naik mungkin bisa menjadi salah satu penyebab perut kembung. Selain itu, konsumsi minuman beralkohol, berkafein ataupun obat pereda nyeri non-steroid mampu dapat menyebabkan gejala dispepsia semacam ini.
  • Sensasi panas pada dada dan perut – Dada yang terasa panas merupakan salah satu akibat dari kenaikan asam lambung atau dalam istilah lain dikenal sebagai Heartburn. Sensasi terbakar dan panas akan dirasakan tepat dibagian dada dan biasanya ini dialami penderita tepat setelah makan.

Parahnya, hal ini dapat bertahan selama beberapa jam dan akan lebih terasa sakit ketika Anda menggunakannya utnuk berbaring atau membungkuk.

Sedangkan jika rasa panas tersebut terjadi pada perut bisa menjadi pertanda dari adanya alergi makanan, atau GERD (asam lambung tinggi).

Terlalu banyak makan-makanan berat dan obesitas juga bisa menjadi faktor penyebab dispepsia. Walaupun gejala panas dada dan perut ini tidaklah berbahaya, namun tetap perlu ditangani secara cepat. Khususnya jia Anda mengalaminya lebih sering dari 2 kali dalam seminggu.

  • Nyeri dibagian ulu hati – Rata-rata penderita penyakit dispepsia biasanya mengalami rasa sakit pada bagian tengah atas perut. Ulu hati berada diposisi tepat di atas pusar dan di bawah tulang dada.

Biasanya rasa sakit yang terjadi di bagian ulu hati ini akan disertai dengan kram. Rasa sakit pun dapat menyebar ke punggung atau atas dada bila tidak segera diobati.

Baca : Obat Tradisional Penyakit Dispepsia Paling Manjur

  • Sering bersendawa – Asam lambung yang naik bisa menyebabkan gejala seringnya bersendawa. Sendawa juga kerap di iringi rasa sakit pada ulu hati. Biarpun sendawa juga sering dianggap sebagai gejala masuk angin, namun bila rasa nyeri itu muncul Anda perlu waspada dan segera periksakan sebelum rasa nyeri nya menyebar.
  • Sering merasa lapar – Mudah dan cepat lapar bukanlah kondisi biasa, ini erat kaitannya dengan penyakit dispepsia. Rasa lapar ini biasanya hadir menyertai rasa nyeri yang timbul di ulu hati. Munculnya rasa lapar yang terus-menerus walaupun perut sudah diisi, kemungkinan besar ada kaitannya dengan kesehatan lambung.
  • Nafsu makan menurun – Pada sebagian penderita, walaupun sering terasa lapar, selera makan rasanya tidak seenak biasanya. Terjadi penurunan selera makan karena rasa panas di bagian perut dan dada. Saat asam lambung naik, maka rasanya tidak nyaman sehingga malas untuk makan.
  • Perut mual dan bahkan muntah – Perasaan mual bisanya sering disertai dengan rasa sakit di ulu hati, inilah yang semakin membuat perut terasa tak nyaman. Banyak mengkonsumsi kafein dan alkohol bisa menajdi pemicu dispepsia dengan gejala mual ini.
  • Cepat kenyang saat makan – Saat makan perut akan mudah kenyang, ini karena adanya kenaikan asam lambung sehingga perut tidak enak untuk diisi. Namun, setelah makan pun tak lama kemudian perut akan bersuara lagi seakan minta diisi kembali. Jadi, perut dapat cepat kenyang dan juga terasa begitu lapar.
  • Keluarnya cairan dari lambung – Asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan bisa jadi dimuntahkan ketika memang perut terasa mual dan sudah tidak dapat ditahan lagi utnuk keluar. Rasanya asam dan dapat membuat perut semakin melilit sakit dan tidak nyaman.
  • Penurunan berat badan – Karena selera makan hilang, otomatis Anda akan merasa malas untuk makan. Meskipun makan, itupun hanya sedikit karena perut tidak nyaman rasanya untuk diisi. Jika Anda mengalami kondisi ini dalam jangka panjang, tentu akan membuat berat badan Anda semakin menurun.

Itulah informasi mengenai gejala-gejala atau tanda dispepsia yang dapat Anda kenali dan harus juga diwaspadai. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menghindarkan Anda dari penyakit lambung kronis yang tentunya akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Jika Anda mengalami gejal-gejala tersebut lakukan segera pengobatannya sebelum rasa sakit tersebut menyebar dan memperparah kondisi kesehatan Anda!

Rekomendasi >> Obat Herbal Gastric Health Tablet – Ahlinya Atasi Penyakit Lambung

Posted by : http://apotek45.com/

Gejala Awal Dispepsia Yang Harus Diwaspadai

Artikel kesehatan lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *