Apa Saja Faktor Yang Dapat Meningkatkan Risiko Flu Lambung (Gastroenteritis)

apotek45.com – Tak hanya hidung yang bisa mengalami flu, lambung juga ternyata bisa mengalami flu. Hal ini terjadi karena infeksi yang terjadi di dalam perut diakibatkan oleh bakteri/virus yang menyebar melalui makanan/minuman yang terkontaminasi bakteri atau karena menggunakan fasilitas umum tertutup, namun tidak terjaga kebersihannya.

Faktor Yang Dapat Meningkatkan Risiko Flu Lambung (Gastroenteritis)Baca : Ciri dan Gejala Flu Lambung Pada Anak dan Dewasa

Jika flu pada perut atau lambung ini tidak segera ditangani cepat bisa  terjadi komplikasi . Terutama bayi, orang dewasa yang lebih tua dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat menjadi sangat dehidrasi ketika mereka kehilangan lebih cairan dari yang dapat mereka gantikan.

Rawat inap mungkin diperlukan agar cairan yang hilang dapat diganti secara intravena . Karena dehidrasi dapat berakibat fatal, tapi jarang.

Lantas, apa saja faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya flu lambung (gastroenteritis)?

Berikut ini beberapa faktor di antaranya :

  • Anak kecil
    Anak-anak lebih sering terserang infeksi virus karena belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.
  • Anak sekolah dan yang tinggal di asrama
    Disemua tempat di mana banyak orang berkumpul dengan jarang dekat bisa menjadi faktor dalam mempermudah penularan infeksi yang terjadi.
  • Orang lanjut usia
    Sistem kekebalan pada orang tua akan menurun.
  • Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah
    Orang dengan kondisi medis tertentu, seperti HIV dan menjalani kemoterapi lebih berisiko tertular infeksi karena kekebalan tubuh mereka diserang oleh kondisi yang mereka derita.
  • Tidak mencuci tangan dengan bersih
    Hal ini bisa meningkatkan risiko jika dilakukan oleh orang yang bertugas mengurusi atau memasak makanan.
  • Mengkonsumsi makanan kotor
    Makan kerang-kerangan yang kurang matang atau berasal dari air yang terkontaminasi juga bisa membuat Anda terinfeksi. Camilan yang dibeli dari tempat yang kebersihannya tidak terjamin juga meningkatkan risiko terkena infeksi ini.

Baca juga : Obat Tradisional Flu Lambung Paling Ampuh

Dan berikut ini langka-langkah yang dapat Anda lakukan sendiri guna membantu mengatasi gastroenteritis atau flu lambung :

  • Meminum lebih banyak cairan. Jika kesulitan minum air, gunakan sedotan. Hindari mengonsumsi jus buah-buahan karena minuman ini justru bisa meningkatkan gejala diare yang dialami.
  • Mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit dan mudah dicerna, seperti pisang, bubur, dan ikan. Hal ini bertujuan memberikan waktu pemulihan bagi perut Anda. Berhenti makan jika mual mulai terasa kembali.
  • Anda mungkin akan merasa kelelahan atau lemah, maka sebaiknya gunakan lebih banyak waktu untuk istirahat.
  • Anak-anak dan orang dewasa bisa mengonsumsi minuman berenergi untuk menggantikan elektrolit dalam tubuh. Untuk bayi dan anak-anak disarankan mengonsumsi oralit. Es krim, minuman bersodan dan permen bisa memperparah diare pada anak. Jadi, hindarilah!

Itulah informasi mengenai faktor risiko yang dapat meningkatkan terjadinya flu lambung beserta langkah yang dapat Anda lakukan sendiri untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Informasi Pengobatan Termutakhir Menggunakan Obat Alami Untuk Bantu Mengatasi Flu Lambung (Gastroenteritis) dengan Obat Herbal Gastric Health Tablet bisa Klik Di Sini!

Posted by :

 Faktor Yang Dapat Meningkatkan Risiko Flu Lambung (Gastroenteritis)

Artikel menarik lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *