kesehatan

Faktor Penyebab Kanker Prostat Pada Pria

apotek45.com – Untuk Anda para pria dewasa ataupun remaja tentunya sangat penting untuk mengetahui apa yang menjadi pemicu atau penyebab datangnya penyakit kanker pada prostat.

Mengingat prostat merupakan satu-satunya sistem reproduksi pria, penting rasanya mengetahui apa yang menjadi penyebab datangnya kanker, guna mencegah si kanker menyerang bagian vital Anda.

Faktor Penyebab Kanker Prostat Pada PriaTahukah Anda? bahwa,

Kanker prostat menurut data WHO merupakan kasus kanker paling umum urutan kedua pada pria. Kanker ini diperkirakan menyerang sekitar 1,1 juta pria di seluruh dunia dan terdapat 307.000 kasus kematian karena kanker prostat pada tahun 2012.

Sedangkan di negara kita sendiri, Indonesia  berdasarkan data International Agency for Research on Cancer (IARC) pada tahun 2012 terdapat sekitar 13.600 kasus dengan angka kematian hingga 9.191 kasus. Sungguh sebuah angka yang mencengangkan bukan?

Oleh karena itu pepatah mengatakan ” lebih baik mencegah dari pada mengobati “. dan sebagai salah satu pencegahannya adalah Anda wajib mengetahui apa saja yang menjadi penyebab timbulnya kanker prostat agar Anda bisa terhindar dari penyakit mematikan ini.

Lantas apa saja yang menjadi penyebab kanker prostat pada pria dewasa atau remaja?
Yuk, langsung simak aja ulasannya!

Faktor Penyebab atau Pemicu Datangnya Kanker Prostat Pada Pria

Sebenarnya belum jelas apa yang menyebabkan kanker prostat ini terjadi. Namun, dokter meyakini bahwa kanker prostat dimulai ketika beberapa sel prostat menjadi tidak normal.

Mutasi sel yang tidak normal ini menyebabkan sel tumbuh lebih cepat daripada sel normal.

Dan ketika sel normal ini mati, maka sel ini tidak akan mati. Dari akumulasi sel yang tidak normal inilah yang kemudian membentuk tumor yang dapat tumbuh menyerang jaringan di sekitarnya.

Bahkan, beberapa sel tidak normal ini dapat menyebar ke bagian tubuh lain yang akhirnya akan membuat kondisi tubuh semakin parah.

Faktor risiko

Memang penyebab pasti kanker prostat belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor risiko yang mungkin meningkatkan peluang Anda mengalami kanker prostat, diantaranya yakni:

  • Lanjut usia. Biasanya kanker prostat menyerang pria/laki-laki yang berusia 65 tahun.
  • Riwayat keluarga dengan kanker prostat.
  • Obesitas/kegemukan. Pria dengan kanker prostat dan memliki berat badan yang berlebih akan sulit untuk melakukan perawan medis.

Pencegahan

Anda dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat jika Anda melakukan beberapa hal ini:

Mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan sayur dan buah

Buah dan sayur memiliki banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan, dan salah satu nutrisi yang secara konsisten membantu mencegah kanker prostat adalah lycopene.

Sebaiknya, hindari makanan berlemak dan tinggi. Mulai hidup sehat dengan konsumsi buah dan sayur segar yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral seperti tomat salah satunya.

Rutin berolahraga

Selain menyehatkan prostat, olahraga rutin juga akan membuat organ tubuh Anda lainnya sehat. Disamping itu, olahraga juga dapat memperbaiki kesehatan serta menjaga berat badan Anda. Sehingga mengurangi risiko obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko kanker prostat.

Fakta menjelaskan, bahwa pria yang sering berolahraga memiliki sedikit kasus terkena kanker pristat dibanding dengan pria yang malas berolahraga.

Menjaga berat badan

Jika Anda memiliki berat badan yang ideal saat ini, jagalah agar berat badan Anda tetap sehat dengan berolaharaga.

Dan bila Anda memiliki berat badang berlebih, kurangi asupan kalori dalam makanan Anda dan berolahragalah secara rutin dan teratur.

Konsultasi ke dokter Anda

Jangan malu untuk berkonsultasi bila Anda merasa memiliki faktor risiko kanker prostat. Karena dokter akan memberi solusi serta pengobatan yang tepat untuk mencegah kanker prostat berkembang.

Nah, itulah beberapa ulasan seputar penyebab kanker prostat yang dapat admin sampaikan. Semoga dengan adanya informasi ini menjadikan Anda waspada dan gencar untuk melakukan pola hidup sehat agar terbebas dari yang namanya kanker prostat.

Posted by : http://apotek45.com/

Faktor Penyebab Kanker Prostat Pada Pria

Artikel menarik lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *