Faktor Penyebab dan Risiko Terjadinya Penyakit Jantung Koroner

Faktor Penyebab dan Risiko Terjadinya Penyakit Jantung Koroner

Mengetahui faktor penyebab dan risiko terjadinya penyakit jantung koroner lebih dini merupakan salah satu langkah yang baik bagi Anda. Karena jika dengan lebih tau sejak awal kita dapat mencegah penyakit mematikan tersebut hadir dalam tubuh kita.

Faktor Penyebab dan Risiko Terjadinya Penyakit Jantung Koroner

Telah kita ketahui bahwa penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit paling mematikan dan bahkan merupakan pembunuh nomor 1 terbanyak. Penyebab paling umum dari jantung koroner adalah plak pada arteri dengan jumlah yang kurang dalam tubuh, sehingga bisa membahayakan dan mengancam jiwa penderitanya. Plak ini terbentuk karena tumpukan kolesterol akibat pola hidup dan pola makan si penderita tidak baik, sehingga plak tersebut betah berlama-lama menempel pada dinding ateri dan terjadilah penyumbatan pada pembuluh darah dan terjadilah penyakit jantung.

Sebenarnya yang menjadi penyebab dari penyakit jantung koroner ini tidak hanya karena plak. Ada beberapa faktor penyebab dan risiko pemicu terjadinya penyakit jantung koroner yang lain, di antaranya yaitu:

  • Faktor keturunan.
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Sindrom metabolik.
  • Penyakit ginjal akut.
  • Sleep apnea.
  • Obesitas.
  • Kebiasaan yang buruk seperti gemar merokok dan meminum-minuman beralkohol.
  • Stres.
  • Kurang aktivitas fisik seperti jarang berolahraga.

Bila penyakit jantung ini tidak segera ditangani akan mengakibatkan komplikasi mematikan. Ketika tidak menerima suplai darah yang cukup hingga terlalu lemah untuk memompa darah, kinerja jantungpun akan menurun. Kondisi ini biasanya dikenal dengan gagal jantung. Komplikasi ini dapat terjadi secara tiba-tiba ataupun bertahap.

Penyakit jantung koroner ini dapat menyerang siapa saja, baik itu pria ataupun wanita. Namun,  jika penyakit jantung koroner ini menyerang wanita akan lebih berbahaya. Oleh karena itu, penerapan pola hidup dan pola makan yang sehat sangatlah penting untuk menjaga agar supaya jantung kita tetap sehat dan terbebas dari penyakit mematikan seperti penyakit jantung koroner ini.

Mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan. Semoga dengan mengetahui lebih dini mengenai penyebab dan faktor risiko terjadinya penyakit jantung koroner dapat membantu Anda untuk terhindar dari penyakit berbahaya ini. Tak bosan-bosannya admin sampaikan untuk selalu menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Salam sehat!

Berita terkait:

Posted by : Faktor Penyebab Dan Risiko Terjadinya Penyakit Jantung Koroner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *