Efek Samping Setelah Operasi Gondok

apotek45.comPenyakit gondok atau gondongan atau dalam istilah medis dikenal dengan struma merupakan terjadinya pembengkakan atau benjolan pada leher bagian depan. Penyakit gondok memang tidak menimbulkan gejala serius, namun jika tidak mendapat penanganan serius maka gondok akan menjadi beracun, karena pertumbuhan gondok yang tidak normal.

Efek Samping Pasca Operasi GondokPengobatan penyakit gondok bisa dilakukan dengan berbagai macam, tergantung Anda mau memilih pengobatan mana. Ada pengobatan menggunakan pemberian yodium radioaktif,  terapi penggantian hormon, Pemberian propiltiourasil atau metimazol, obat herbal  atau dengan jalan operasi.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa setiap langkah pengobatan tentu memiliki efek samping setelahnya apalagi dengan pemberian radioaktif, terapi pengganti hormon, Pemberian propiltiourasil atau metimazol dan operasi.

Efek Samping Pasca Pengobatan Gondok

Pemberian propiltiourasil atau metimazol dapat menyebabkan reaksi alergi (ruam kulit), mual, hilang rasa dan penekanan sumsum tulang sehingga dapat mengganggu produksi sel darah merah dan sel darah putih, membuat penderita sangat peka terhadap infeksi.

Sedangkan pemakaian yodium radioaktif dapat menyebabkan hipertiroidisme (kekurangan hormon tiroid). Sekitar 25% penderita mengalami hipotiroidisme dalam waktu 1 tahun setelah pemberian yodium radioaktif, dan yodium radioaktif tidak diberikan pada ibu hamil karena dapat melewati sawar plasenta yang nantinya merusak kelenjar tiroid janin.

Efek Samping Setelah Operasi Penyakit Gondok

Bagi Anda yang lebih memilih mengobati penyakitnya dengan jalan operasi perlu mengetahui dulu apa saja yang nantinya akan ditimbulkan pasca operasi gondok.

Setiap operasi/pembedahan memiliki risiko, termasuk tiroidektomi. Walau kemungkinannya tergolong kecil, pasien yang menjalani prosedur dengan jalan operasi berpotensi mengalami komplikasi kerusakan pada saraf dan kelenjar paratiroid.

Contoh kerusakan saraf yang mungkin terjadi adalah perubahan suara dan gangguan pernafasan. Komplikasi ini bisa bersifat sementara atau permanen. Sedangkan kelenjar paratiroid akan memengaruhi pengaturan kadar kalsium dalam darah dan tulang.

Kami tidak bermaksud menakut-nakuti Anda. Namun semua yang diinformasikan di sini tidak lain hanya untuk menginformasikan Anda bahwa ada risiko dari setiap tindakan yang dipilih.

Lalu adakah pengobatan gondok selain operasi dan terapi yodium radioaktif?

Jawabannya : ADA. Anda bisa mencoba dengan melakukan pengobatan secara tradisional dengan mengkonsumsi ramuan-ramuan dari bahan herbal. Selain aman bagi tubuh Anda juga tidak akan menimbulkan efek samping seperti pengobatan lainnya.

Lantas apa nama produk pengobatan herbal yang tepat dan aman tanpa efek samping itu? Klik >> Obat Tradisional Penyakit Gondok << ini untuk mengetahui pengobatan lebih detailnya!

Terimakasih telah berkunjung, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Posted by : Efek Samping Setelah Operasi Gondok on apotek45.com

Artikel terkait dan menarik lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *