Dampak Insomnia Berkepanjangan

      No Comments on Dampak Insomnia Berkepanjangan

Dampak Insomnia Berkepanjangan – Umumnya Anda atau orang dewasa lainnya membutuhkan tidur selama 7-8 jam perharinya agar tubuh tetap fit pada keesokan harinya. Namun, bila Anda mengalami gangguan tidur tentunya ada beberapa efek atau dampak buruk yang dapat mengintai Anda, salah satunya gangguan jantung.

Dampak Insomnia Berkepanjangan

Gangguan tidur atau sulit tidur atau insomnia yang hanya terjadi sesekali sebenarnya tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan, namun Anda harus waspada jika kondisi ini terjadi secara berulang-ulang dan berkepanjangan. Karena akan menimbulkan dampak buruk seperti:

Terjadinya penuaan

      Saat tidur nyenyak, tubuh melepas hormon pertumbuhan. Sat usia muda, hormon ini berperan untuk pertumbuhan tubuh, namun saat usia bertambah hormon ini berperan untuk memperkuat tulang, meningkatkan massa otot dan menebalkan kulit. Nah, tubuh tidak mendapatkan asupan hormon-hormon ini dengan cukup jika Anda mengalami kurang tidur. Ketika tubuh kurang tidur, tubuh justru akan melepas hormon stres bernama kortisol yang bisa memecah kolagen, dan protein yang menjaga agar kulit tetap elastis dan halus. Hasilnya kebanyakan orang yang kurang tidur secara terus menerus akan mengalami kulit pucat, lingkaran hitam di bawah mata, garis-garis halus pada wajah dan membuat kulit tidak cerah.

Ingatan yang buruk

Saat Anda tidur nyenyak, otak Anda akan memproses dan menguatkan ingatan Anda. Namun jika Anda kurang tidur, ingatan itu tidak tersimpan dengan baik dan justru bisa hilang.

Obesitas/kegemukan

Ternyata kurang tidur juga bisa memicu berat badan Anda bertambah. Menurut penelitian, orang yang mempunyai gangguan tidur memiliki nafsu makan dan rasa lapar yang lebih tinggi. Mereka juga cenderung mengkonumssi makanan dengan kadar lemak dan karbohidrat yang tinggi sehingga kegemukan pun tak dapat di elakkan.

Depresi/stres

Depresi/stres dengan gangguan tidur memiliki hubungan yang erat. Karena jika tubuh Anda kurang tidur bisa memicu depresi, sedangkan depresi akan membuat Anda sulit untuk tidur.

Sulit berfikir jernih

Cara berfikir diperngaruhi oleh bagaimana kualitas tidur Anda. Kognitif dan pengambilan keputusan Anda cenderung membuaruk ketika tdak mendapati tidur yang cukup.

Gairah seks menurun

Bisa terjadi pada wanita maupun pria yang mengalami insomnia atau kurang tidur. Gangguan tidur dapat menurunkan libido dan keinginan untuk melakukan hubungan seksual. Bila sudah begini tentunya akan merugikan pasangan Anda dan juga bisa membuat rumah tangga Anda berantakan sobat.

Kesuburan bisa terganggu

Dapat dibayangkan bila masa kesuburan Anda terganggu karena adanya aktivitas kurang tidur. Produksi hormon reproduksi bisa menurun ketika Anda mengalami gangguan tidur yang berkepanjangan. Oleh karena itu, bila Anda yang sudah memiliki pasangan yang sah dan ingin cepat punya anak, upayakan untuk tidur yang nyenyak dengan durasi yang direkomendasikan tadi yaitu 8 jam/harinnya.

Sistem imun melemah

Kurang tidur bisa membuat sistem kekebalan tubuh Anda melemah, karena terus-terusan, tubuh Anda bisa lebih mudah terserang penyakit. Menurut penelitian, orang yang tidur 7 jam atau kurang tiap malamnya akan lebih mudah terserang penyakit ketimbang yang tidur 8 jam.

Memicu Penyakit Serius

Separah itukah insomnia? Bila Anda mengalami gangguan tidur insomnia tentunya tidak hanya penyakit ringan yang akan menyerang Anda, insomnia juga akan memicu berbagai penyakit serius lainnya seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Sumber : alodokter.com/

Bila Anda tidak ingin mendapati dampak-dampak tersebut pastikan Anda tidur yang cukup. Namun, bila sudah terlanjur mengidap insomnia ada baiknya untuk konsultasikan ke dokter Anda bila memang sudah merasa sangat terganggu. Cintai tubuh Anda dengan selalu menjaga kesehatan tubuh, salah satunya ya dengan menjaga tidur malam Anda.

Nah, itulah sedikit informasi seputar dampak insomnia berkepanjangan. Semoga bermanfaat.

Posted by : Dampak Insomnia Berkepanjangan

Berita terkait :

Ini 6 Kebiasaan Pemicu Insomnia

Kurang Tidur? Waspada Gangguan Kesehatan Jantung

Obat Tradisional InsmoniaTerkini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *