Mengenali Ciri dan Gejala Flu Lambung (Gastroenteritis) Pada Anak dan Dewasa

apotek45.com – Gastroenteritis atau dikenal dengan istilah flu lambung, flu perut, atau virus lambung merupakan infeksi yang terjadi pada usus ataupun perut yang diakibatkan oleh beberapa macam virus. Infeksi ini menyebabkan penderitanya mengalami mual, muntah, diare, kram perut dan terkadang demam.

Infeksi ini mudah sekali menyebar difasilitas umum yang tertutup, seperti di dalam ruang kelas, tempat perawatan anak dan ruang perawatan umum.

Mengenali Ciri dan Gejala Flu Lambung (Gastroenteritis) Pada Anak dan DewasaFlu lambung (Gastroenteritis) jarang menyebabkan komplikasi pada orang dengan kondisi tubuh yang sehat, dan penderita umumnya akan pulih sepenuhnya. Namun, kondisi ini memiliki potensi fatal dan bahkan mematikan jika terjadi pada bayi, orang tua dan orang yang bermasalah dengan sistem kekebalan tubuhnya.

Ciri, Tanda atau Gejala Penyakit Flu Lambung (Gastroenteritis)

Gejala biasanya akan muncul antara 1-3 hari setelah Anda terinfeksi. Tingkat keparahan gejala sangat beragam, mulai dari ringan hingga parah. Gejala ini akan bertahan selama 1-2 hari, tapi bisa juga hingga 10 hari. Gejalan umumnya berupa : mual dan muntah, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan dan terkadang muncul demam, sakit kepala dan sakit otot.

Berikut ini beberapa gejala infeksi atau flu lambung pada orang dewasa yang cukup parah dan harus segera mendapatkan penanganan dokter :

  • Muntah darah
  • Muntah lebih dari 48 jam
  • Demam di atas 40 deraja Celcius
  • Buang air besar disertai darah
  • Cairan yang diminum tidak bisa ditahan sehingga muntah tiap kali setelah minum
  • Mengalami gejala dehidrasi seperti kurang buang air kecil dan mulut kering.

Sedangkan pada bayi dan anak-anak gejala yang harus diwaspadai di antaranya ialah :

  • Demam tinggi
  • Anak terlihat lesu
  • Diare disertai darah
  • Merasa sangat kesakitan atau tidak nyaman
  • Mengalami dehidrasi. Karena frekuensi buang air kecil dan volume urine menurun drastis, menangis tanpa air mata dan mulut yang kering.

Jika Anda menemukan gejala-gejala tersebut pada bayi atau anak-anak Anda, segera lakukan pemeriksaan intensif ke dokter guna memberikan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Baca juga informasi mengenai Obat Flu Lambung berbahan HERBAL yang efektif dan aman untuk bantu mencegah sekaligus mengatasi flu lambung, flu perut atau virus lambung sampai tuntas dan tanpa efek samping.

Informasi lengkap mengenai Obat herbal flu lambung Gastric Health Tablet untuk penyakit flu lambung, Klik saja di sini!

Terimakasih sudah menyempatkan diri berkunjung ke halaman kami, semoga informasi yang kami berikan semakin menambah kewaspadaan Anda terhadap penyakit ini. Salam sehat!

Posted by : Ciri dan Gejala Flu Lambung (Gastroenteritis) Pada Anak dan Dewasa

Artikel menarik lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *