Ciri Ciri Rahim Terbalik (Retrofleksi)

      No Comments on Ciri Ciri Rahim Terbalik (Retrofleksi)

Apotek45.com – Rahim atau uterus merupakan organ reproduksi yang khusus dimiliki oleh kaum hawa, organ ini memiliki bentuk seperti buah pir dengan berat sekitar 30-50 gram.

Disinilah hasil konsepsi (pertemuan antara sperma dan ovum) ditampung dan kemudian berkembang menjadi janin. Namun perlu Anda ketahui, banyak sekali masalah/gangguan yang bisa menyerang organ terpenting wanita yang satu ini, di antaranya adalah kista, kemandulan dan bahkan rahim terbalik/retrofleksi.

Dan kali ini, admin akan membehas terlebih dulu mengenai rahim terbalik.

Ciri Ciri Rahim Wanita Terbalik (Retrofleksi)

Apa itu rahim terbalik?

Rahim terbalik yang juga disebut rahim retrofleksi, rahim miring atau rahim menekuk ke belakang ialah kondisi di mana letak rahim cenderung menekuk ke belakang, ke arah saluran pelepasan.

Diperkirakan ada sekitar 30% wanita memiliki kondisi rahim retrofleksi. Namun, wanita yang memiliki rahim yang letaknya ke depan dan condong ke arah perut mayoritas dinamakan posisi rahim antefleksi.

Penyebab rahim retrofleksi atau rahim terbalik sendiri merupakan bawaan sejak lahir, mayoritas kasus rahim retrofleksi merupakan kondisi yang sudah dibawa sejak lahir.

Bebeberapa ahli menyatakan bahwa hal ini kemungkinan ada hubungannya dengan faktor genetik atau keturunan.

Selain karena bawaan sejak lahir, rahim retrofleksi ini juga bisa terjadi akibat pemijatan, kehamilan atau adanya gangguan kesehatan seperti penyakit radang panggul dan endometriosis.

Lantas, apa saja gejala-gejala dari rahim terbalik?

Umumnya rahim retrofleksi tidak menimbulkan gejala apapun. Kalaupun ada, gejala yang muncul biasanya berhubungan dengan gangguan kesehatan yang dialami oleh yang bersangkutan, gejala tersebut diantaranya:

  • Sakit punggung.
  • Kesulitan mengosongkan kandung kemih.
  • Sulit menemukan letak bayi.
  • Rasa sakit pada saat berhubungan seks.
  • sakit selama periode menstruasi.
  • Keluhan kesuburan.
  • Rasa sakit pada saat memakai pembalut jenis tampon.

Apa ada kemungkinan berpengaruh pada kesuburan?

Secara medis, sebenarnya belum ada bukti bahwa kondisi rahim terbalik mampu mempengaruhi kesuburan seseorang. Namun, kondisi rahim yang mengarah ke belakang memiliki kemungkinan bisa menghambat proses pembuahan.

Karena apa? Pada rahim yang letaknya menekuk ke belakang, posisi mulut rahim tidak menghadap ke arah kedatangan sperma. Dan akibatnya, sperma mesti berjuang lebih keras untuk memasuki rahim.

Namun meski demikian, bukan berarti pembuahan tidak mungkin terjadi. Apabila kualitas sperma baik dan mampu bergerak lincah, pada akhirnya sel telur akan sukses di buahi.

Sumber : ayahbunda.co.id , mediskus.com

Itulah informasi mengenai ciri ciri rahim terbalik atau rahim retrofleksi yang dapat admin bagikan, semoga menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi Anda.

Posted by : http://apotek45.com/

Ciri Ciri Rahim Terbalik (Retrofleksi)

Artikel kesehatan lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *