Wajib Tahu, Ciri Ciri Lupus Berat dan Ringan

Wajib Tahu, Ciri Ciri Lupus Berat dan Ringan

apotek45.com – Penyakit seribu wajah, ya. Lupus kerap dijuluki seibu wajah karena kelihaiannya dalam meniru gejala dari penyakit lain. Kesulitan diagnosis ini dapat menyebabkan salah dalam langkah penanganan, sehingga bukannya lupus terobati tetapi malah semakin berkembang .

Banyak wanita yang tengah berada pada masa subur dan usia produktif yakni 17 hingga 45 tahun terjangkit penyakit lupus sebagai akibat dari serangan bakteri atau virus.

Wajib Tahu, Ciri Ciri Lupus Berat dan Ringan

Secara spesifik memang belum diketahui apa penyebabnya, namun gaya hidup tidak sehat serta adanya faktor genetika merupakan beberapa hal yang dapat memicu terjadinya penyakit lupus.

Untuk itu, mengubah pola hidup agar lebih sehat merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengurangi resiko terjangkitnya penyakit lupus.

Ciri-ciri penyakit lupus berat dan ringan

Seperti yang telah dibahas tadi, bahwa penyakit lupus cukup sulit untuk dideteksi karena gejalanya cukup beragam. Jadi tidak heran jika dokter sulit mendiagnosanya.

Umumnya lupus ditandai dengan adanya rasa nyeri pada otot dan sendi. Selain itu, terdapat gejala lain seperti terjadinya demam dan kondisi tubuh yang terus melemah. Dengan gejala yang demikian, tidak heran jika lupus kemudian disalahartikan sebagai penyakit flu.

Gejala penyakit lupus ini bisa datang secara perlahan lalu berkembang atau bisa pula datang dengan tiba-tiba. Gejala yang terjadi pun bisa bersifat sementara lalu kemudian menghilang atau bisa bersifat permanen.

Berikut ciri ciri lupus ringan dan berat yang dapat dirasakan, di antarnya meliputi:

  • Kerusakan organ ginjal – Dapat dipastikan hampir seluruh pasien lupus mengalami penyakit ginjal. JIka tingkat kerusakannya telah memasuki fase yang berat, maka disarankan untuk melakukan pengobatan munosupresif. Pada stadium awal penyakit lupus, ditandai dengan adanya protein pada urin. Hal ini menjadi alsan bagi Anda untuk secara berkala memeriksa urin.
  • Sesak napas – Adanya sesak napas yang umumnya dirasakan oleh penderita lupus biasanya karena adanya infeksi pada paru-paru (pneumonia) serta akibat adanya cairan pada selaput paru-paru.
  • Gangguan pada mata.
  • Terjadi anemia (kekurangan sel darah merah) – merupakan gejala yang banyak dialami penderita lupus. Hal ini terjadi ketika jumlah trombosit serta leukosit lebih rendah dibanding dengan jumlah trombosit serta leukosit pada umumnya. Hal ini juga dapat memicu terjadinya pendarahan dan mudah terjadinya infeksi. Anemia membuat pasien mudah merasa kecapean saat beraktivitas serta kepala sering pusing.
  • Gangguan pada kulit dan rambut – 90% penderita lupus memiliki gangguan pada kulit. Paparan dari bahaya sinar matahari, terkadang dapat menjadi penyebab timbulnya ruam merah pada bagian wajah. Disamping itu, terdapat lesi diskoid pada kulit tubuh, rambut rontok terutama pada bagian dahi.
  • Rasa sakit pada area sendi – Rasa sakit ini biasanya terjadi pada area lutut, tangan, serta pergelangan tangan. Gejala ini juga terkadang disertai dengan pembengkakan pada area kaki atau bahkan sekitar mata.
  • Gangguan pada susunan syaraf – membuat penderita mengalami kejang hingga stroke, gangguan ini hampir ditemukan 15%pada penderita lupus.
  • Demam .

Demikian informasi mengenai ciri ciri penyakit lupus berat dan ringan yang wajib Anda tahu. Jadi, jika Anda menemui ciri ciri atau gejala tersebut pada tubuh Anda atau siapapun keluarga Anda sebaiknya segera periksakan secara medis. Karena pemeriksaan lebih awal akan semakin memudahkan dalam penanganan lupus sedari awal.

Rekomendasi Pengobatan Penyakit Lupus Secara Alami Menggunakan Ramuan Herbal QnC Jelly Gamat, Ingin tahu lebih lengkap? >> Klik Di Sini! <<

Wajib Tahu, Ciri Ciri Lupus Berat dan Ringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *