Ciri atau Tanda Adanya Ketidaknormalan Cairan Vagina

Ciri atau Tanda Adanya Ketidaknormalan Cairan Vagina – Tahukah Anda bahwa cairan vagina yang sehat tidak memiliki warna dan tidak berbau tajam. Cairan vagina sebenarnya memiliki peranan penting dalam menjaga kebersihan organ intim dengan membawa keluar sel mati dan bakteri dari vagina dan leher rahim. Cairan ini bisa jadi meningkat dan mengeluarkan bau berbeda pada waktu menyusui, ovulasi atau saat terangsang secara seksual.

Ciri atau Tanda Adanya Ketidaknormalan Cairan VaginaBerbeda halnya jika cairan yang keluar dari vagina berubah warna warna, volum, serta aroma yang ditimbulkan. Bila hal ini terjadi dengan disertai kondisi lain seperti gatal, nyeri dan pendarahan, Anda patut mewaspadainya dan segeralah konsultasikan ke dokter bila merasa sudah tidak nyaman.

Mengenali ciri atau tanda adanya ketidaknormalan cairan vagina

Perubahan yang terjadi pada cairan vagina dapat mengindikasikan adanya suatu penyakit atau infeksi di vagina. Berikut ini ciri-ciri yang perlu di waspadai :

Terjadi perubahan warna cairan vagina

Cairan keputihan di katakan normal-normal saja bila warnanya putih atau bening. Namun bila cairan yang keluar sudah berwarna lain seperti kuning kehijauan, berarti ada yang tidak normal pada organ kewanitaan Anda karena bakteri penyakit penyebab keputihan telah berkembang dalam jumlah yang sedikit.

Cairan vagina berbau menyengat atau tidak sedap

Keluarnya cairan dengan bau yang tidak sedap seperti bau amis yang menyengat merupakan salah satu tanda bahwa organ kewanitaan Anda mengalami masalah. Hal ini dikarenakan cairan penuh dengan bakteri sehingga menyebabkan keputihan pada vagina.

Volume cairan meningkat atau lebih banyak dari biasanya

Bila sudah begini biasanya akan membuat penderitanya hilang rasa percara diri, karena bila cairan keputihan keluar dengan volume yang banyak akan membuat Anda tidak nyaman karena keputihan yang akut dapat membasahi bagian celana dalam Anda, hal ini tentunya akan membuat Anda merasa malu.

Bagian vagina terasa panas

Jika Anda merasakan gejala ini, menurut informasi dari artikel yang saya baca, itu berarti tingkat penyakit keputihan Anda sudah masuk dalam tahap yang cukup gawat. Rasa panas itu biasanya akan sangat terasa saat buang air kecil.

Beberapa wanita memang tidak banyak yang memperhatikan perawatan dan kebersihan organ intimnya, sehingga akan memperparah kondisi vagina karena sudah mengalami keputihan.

Gatal yang disertai kemerahan di sekitar vagina

Biasanya bila vagina terasa gatal secara refleks Anda akan menggaruk disekitar vagina hingga kemerahan dan lecet. Perilaku ini sebetulnya akan memperparah keadaan di sekitar vagina.

Terjadi pendarahan di luar masa menstruasi.

Mungkin hanya itu informasi yang bisa kami berikan pada Anda, semoga dengan mengetahui apa saja tanda dari cairan vagina yang tidak normal ini Anda bisa lebih waspada akan datangnya keputihan dan penyakit-penyakit yang ditimbulkannya. Selalu jaga kesehatan dan kebersihan organ intim Anda dengan cara yang alami dan upayakan untuk selalu menjalani gaya hidup sehat agar terhindar dari gangguan penyakit organ intim yang amat berbahaya.

Posted by : Ciri atau Tanda Adanya Ketidaknormalan Cairan Vagina

Berita terkait:

Keputihan Tidak Wajar? Ini Penyebabnya

Makanan Pemicu Keputihan Pada Wanita

Obat Tradisional Keputihan Dari Bahan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *