Cara Mudah Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat

apotek45.com – Lambung memang merupakan salah satu organ pencernaan dalam tubuh yang sering berulah, karena tak jarang ditemui di masyarakat. Sebut saja penyakit maag atau asam lambung naik, tukak lambung, luka lambung atau penyakit lambung lainnya.

Lambung berfungsi sebagai salah satu organ untuk mencerna makanan yang menghasilkan enzim dan asam klorida yang berfungsi bagi tubuh. Oleh karena itu, sudah seharusnya untuk Anda menjaga agar kesehatan lambung terjaga sehingga tidak memunculkan penyakit-penyakit lambung.

Cara Mudah Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat Tips Menyehatkan Lambung Agar Terhindar Dari Penyakit

Nah, berikut ini ada beberapa cara agar menjaga lambung tetap sehat :

Olahraga

Olahraga adalah hal utama yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan lambung, karena salah satu masalah yang datang pada lambung adalah lemak di perut. Oleh karena itu, Anda harus menurunkan lemak di perut, salah satu cara termudahnya dengan melakukan olahraga agar kalori dalam perut dapat terbakar.

Sebuah studi yang dilakukan Duke University pada tahun 2011 menyebutkan, bahwa olahraga aerobik adalah cara paling efektif untuk menyingkirkan lemak di perut. Bahkan, dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa latihan aerobik bukan hanya menghilangkan lemak subkutan di bawah kulit, tetapi juga mampu menghilangkan lemak visceral dalam perut.

Selain aerobic, olahraga seperti jogging, berenang, berjalan, berlari, menari dan kickboxing juga dapat dilakukan untuk menghilangkan lemak di perut.

Biasakan mengunyah makanan sampai halus

Kebiasaan mengunyah makanan dengan lama sampai halus akan membantu kinerja lambung dalam proses mencerna makanan, sehingga lambung tidak bekerja ekstra dalam mencerna makanan.

Anda dianjurkan ntuk mengunyak sebanyak 32 kali sebelum ditelan. Karena jika makanan tidak dikunyah dengan halus dapat menimbulkan resiko gangguan pada lambung yang mengakibatkan asam lambung meningkat karena makanan tidak dinetralkan terlebih dulu oleh saliva dan air liur.

Makan teratur

Membiasakan diri untuk selalu makan teratur merupakan salah satu cara agar lambung tetap sehat. Karena jika makan Anda tidak teratur atau pola makannya yang buruk dapat memicu munculnya berbagai penyaki yang menyerang lambung. Slah satu yang paling umum adalah penyakit maag.

Telat makan atau kurang mengkonsumsi makanan dan pilihan makanan yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan cepat saji, makanan pedas dan asam, atau mengkonsumsi makanan yang kurang serat dapat memicu asam lambung naik dan menghancurkan dinding lambung sehingga mengakibatkan rasa perih di lambung.

Memenuhi nutrisi dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran

Mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan serat dapat memenuhi asupan nutrisi dalam tubuh, sehingga dapat memperkecil resiko terkena penyakit lambung.

Disamping itu, kandungan serat tinggi yang terdapat pada buah dan sayur juga dapat membantu menyembuhkan penyakit tukak lambung. Namun ingat! tetap arus hindari buah dan sayuran yang memiliki sifat asam.

Hindari minuman bersoda, beralkohol dan mengandung kafein

Semakin banyak meminum-minuman yang mengandung soda, alkohol atau kafein, semakin besar pula resiko terkena gangguan pada lambung. Karena apa? efek samping dari minuman tersebut, selain dapat menyebabkan ketidaknyamanan di perut juga akan memicu terjadinya refluks atau naiknya makanan yang berada pada lambung ke kerongkongan, sehingga menyebabkan perut terasa mual dan muntah.

Memperbanyak asupan cairan untuk tubuh

Cairan yang baik di sini bukanlah cairan yang mengandung soda, alkohol atau kafein ya. Tetapi cairan yang dapat membantu menghilangkan racun-racun berbahaya dalam tubuh seperti air putih atau air mineral.

Air dapat melarutkan nutrisi-nutrisi yang diserap tubuh seperti vitamin, mineral dan nutrisi penting lainyya sehingga nantinya akan mudah dicerna dan dierap tinja. Hal ini tentunya akan sangat membantu Anda untuk mengatasi gangguan sembelit.

Anda bisa mendapatkan asupan carian dengan cara mengkonsumsi air putih atau minuman lain yang rendah kafein, atau mengkonsumsi cairan yang berasal dari sari buah atau sayuran.

Memberi suplemen lambung berbahan herbal

Sulemen lambung senantiasa dapat menjaga fungsi-fungsi lambung agar terjaga, meningkatkan sekresi cairan lambung, dan terhindar dari risiko berbagai penyakit lambung. Ini bermanfaat, guna mengantisipasi resiko penyakit lambung bila Anda telat makan.

Suplemen Untuk Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat, Lebih lengkap? Klik di sini!

Cara Mudah Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat

Nah, itulah informasi mengenai Cara Mudah Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat. Semoga dengan tips-tips ini senantiasa dapat menghindarkan lambung Anda dari berbagai penyakit dan tetap bisa menjalankan aktivitas dengan lancar tanpa gangguan apapun di lambung.

Posted by : http://apotek45.com/

Cara Mudah Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat

Artikel menarik lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *