Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Prostat Agar Terhindar Dari Kanker

apotek45.com – Menjaga dan merawat kesehatan seluruh organ tubuh tentu menjadi suatu keharusan, karena jika tubuh dirawat dan dijaga dengan baik akan memberi timbal balik yang baik pula, yakni berupa kesehatan.

Namun sebaliknya, jika Anda tidak menjaga dan merawat kesehatan tubuh dan organnya tentu akan menimbulkan banyak masalah, salah satunya kanker. Menyeramkan bukan?Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Prostat Agar Terhindar Dari Kanker

Dan kali ini admin akan membahas seputar kesehatan prostat dan bagaimana cara merawat dan menjaga kesehatannya agar terhindar dari berbagai gangguan prostat, kanker salah satunya.

Prostat merupakan salah satu organ terpenting bagi Anda para pria, karena prostat memiliki banyak fungsi terutama bagi sistem reproduksi dan seksual.

Prostat adalah kelenjar kecil yang berada di dekat kandung kemih, yang bila tidak dilindungi dan di rawat dengan baik akan memberikan masalah ketika Anda semakin tua.

Kelenjar prostat bertanggung jawab atas 50% hingga 70% isi dari semen. Cairan berwarna putih susu yang berfungsi untuk melindungi sperma dari kerusakan pada saat masuk ke dalam vagina dan rahim.

Ketika usia Anda mulai bertambah dan menua, Anda akan mengalami pembesaran prostat yang membuat penis sulit untuk mengeluarkan air kencing dan kesakitan serta membuat lebih sering ke kamar mandi.

Kanker prostat juga merupakan salah satu penyakit yang menjadi pusat perhatian karena merupakan kanker yang umum ditemukan pada pria.

Diketahui, 3% pria di seluruh dunia mengalami kematian akibat kanker prostat. Oleh karena itu kesehatan prostat sangatlah penting, sehingga harus dijaga dengan sebaik-baiknya.

Berikut beberapa cara untuk merawat dan menjaga kesehatan prostat agar terhindar dari serangan kanker dan gangguan prostat lainnya, diantaranya yakni:

Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Prostat Agar Terhindar Dari KankerOlahraga

adalah hal yang utama, karena dengan berolahraga secara teratur massa tubuh menjadi seimbang dan otot-otot di sekitar anus menjadi kencang.

Tidak perlu melakukan olaharaga yang berat, olahraga ringan pun bisa Anda lakukan untuk menjaga agar prostat dan organ tubuh lainnya sehat, seperti jogging atau senam kegel.

Baca : Olahraga Yang Sehat Untuk Mencegah Kanker Ganas

Mengonsumsi makanan sehat

Anda juga bisa memulai menjaga kesehatan prostat dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian , serta makanan yang kaya akan protein.

Selain itu, Anda bisa menyertakan banyak buah-buahan atau sayuran merah yang mengandung likopen sebagai antikarsinogenik, tomat misalnya.

Namun perlu diingat! hindari konsumsi daging merah dan menggantinya dengan sumber protein lain seperti ikan. Anda juga bisa mengonsumsi kedelai yang bisa menyehatkan prostat. Anda bisa menemukannya pada berbagai olahan, baik itu susu kedelai, tahu, atau tepung.

Berhenti merokok dan Stop konsumsi alkohol

Hentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan konsumsi alkohol sebelum menyebabkan hal yang besar di kemudian hari. Jika Anda tidak ingin mengabiskan hari tua Anda dengan pergi ke kamar mandi terus-menerus atau berujung melawan kanker. Mulai saat ini STOP kebiasaan buruk tersebut.

Tak hanya itu, rokok dan alkohol juga bisa  menyebabkan emfisema dan kanker paru-paru. Mau menjadi korban berikutnya? *kalau admin sih tidak ya.

Berhenti onani demi kesehatan prostat

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa pria yang sering melakukan onani di usia  20-30 tahun memiliki peningkatan risiko terkana kanker prostat.

Penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa pria yang memiliki gaya hidup seksual atau banyak melakukan seksual dalam rentang waktu usia yang sama memiliki risiko terkana kanker prostat. Nah lho! Untuk apa kenikmatan sesaat bila di kemudian hari akan ada derita yang menguntit Anda setiap hari.

Kurangi konsumsi gula dan garam

Dan yang terakhir adaah dengan mengurangi kadar gula dan garam. Anda bisa menyarankan ibu, atau istri Anda untuk lebih pelit menggunakan garam dan gula pada setiap masakan. Ini demi kebaikan dan kesehatan Anda, ibu, dan istri Anda juga!

Anda dianjurkan untuk memilih makanan rendah sodium serta menghindari makanan kemasan yang diawetkan karena mengandung sodium tinggi. Hindari juga makan dengan kandungan gula yang dominan, terutama dalam bentuk makanan dan minuman manis seperti jus kemasan dan minuman ringan, serta donat.

Yang lebih sehat adalah konsumsi air putih yang banyak saja, minimal 8 gelas perhari untuk menjaga kesehatan prostat dan organ tubuh Anda lainnya.

Sumber : Healthmeup

Yeayyy … itu dia Tips Untuk Menjaga dan Merawat Kesehatan Prostat agar terhindari dari kanker dan gangguan prostat lainnya. Yuk kita mulai hidup sehat dari sekarang agar tidak menyesal di hari tua.

Posted by : http://apotek45.com/

Cara Menjaga dan Merawat Kesehatan Prostat Agar Terhindar Dari Kanker

Artikel menarik lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *