Cara Menghilangkan Cegukan Terus-Menerus Dengan Cepat

Cara menghilangkan cegukan terus-menerus dengan cepat – Setiap orang termasuk Anda mungkin pernah mengalami cegukan. Konsisi ini seringkali terjadi secara tiba-tiba saat makan terlalu cepat atau kekenyangan.

Menelan udara sambil mengunyah permen karet, mengonsumsi minuman bersoda atau minuman beralkohol secara berlebihan. Cegukan juga bisa disebabkan oleh perubahan cuaca yang tiba-tiba, stres, ataupun terlalu bersemangat.

Cara Menghilangkan Cegukan Terus-Menerus Dengan Cepat

Namun, bahayakah jika cegukan yang terjadi terus-menerus? Nah, hal inilah yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Sebagian besar cegukan yang terjadi akan berhenti dengan sendirinya. Dan jarang sekali cegukan dianggap sebagai salah satu tanda atau kondisi medis darurat.

Cegukan merupakan efek dari kontaksi otot diafragma yang terjadi dengan tiba-tiba. Suar yang muncuk terjadi ketika pita suara menutup pada saat kontraksi otot tersebut.

Untuk cegukan yang ringan atau tidak terjadi selama berhari-hari, Anda bisa mengobatinya sendiri di rumah dengan cara berikut ini:

  • Menahan nafas.
  • Minum segelas air dengan cepat.
  • Menarik lidah dengan keras.
  • Beri satu setengah sendok teh gula kering di bagian belakang lidah (Ulangi proses ini 3 kali dengan jarang 2 menit).
  • Dikejutkan atau dikagetin.
  • Menarik lutut ke arah dada dan menunduk hingga dada terasa tertekan.

Namun, Anda harus waspada jika mengalami ceguan terus-menerus atau berlebihan selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Karena cegukan terus-menerus yang berlangsung lebih dari tiga jam patut dicurigai dan diketahui apa penyebabnya.

Karena kemungkinan ada kondisi lain seperti iritasi pada gendang telinga akibat benda asing, radang tenggorokan, pembesaran kelenjar tiroid, tumor atau kista pada tenggorokan, serta naiknya asam lambung ke kerongkongan yang menjadi penyebabnya.

Kondisi penyakit kronis seperti penyakit Parkinson, gagal ginjal, diabetes, kanker dan kemoterapi juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya cegukan terus menerus.

Selain itu, cegukan semacam ini juga dapat disebabkan oleh gangguan sistem saraf pusat, sehingga menyebabkan tubuh tidak mampu mengendalikan cegukan.

Pengobatan Medis Untuk Mengatasi Cegukan Berlebihan atau Terus Menerus

Seperti yang telah dijelaskan tadi pada paragraf atas, bahwa cegukan bisa diatasi di rumah dengan cara sederhana. Namun, lain halnya jika cegukan berlangsung terus menerus selama tiga jam. Ada beberapa pilihan penanganan yang dapat dilakukan.

» Cegukan ringan biasanya akan berhenti dengan sendirinya, tanpa pengobatan apapun.

» Untuk cegukan yang lebih parah, cegukan terus-menerus (biasanya berlangsung selama dua hari), dokter mungking akan memberi obat cegukan untuk menghilangkannya.

Klorpromazin (Thorazine) biasanya diresepkan sebagai pilihan pertama untuk mengobati cegukan, meskipun obat-obatan seperti baclofen (lioresal) dan obat untuk kejang-kejang seperti phenytoin terbukti berhasil mengatasi cegukan. (obat-obatan tersebut bisa diambil hanya dengan resep atau petunjuk dokter).

» Anestesi untuk memblokir saraf frenikus dan pembedahan untuk menon-aktifkan saraf frenikus (saraf yang mengontrol diafragma).

Itulah informasi mengenai cara menghilangkan cegukan terus-menerus dengan cepat untuk anak dan dewasa. Semoga informasi ini bermanfaat. Mohon share jika bermanfaat!

⇒ Rekomendasi pengobatan cegukan terus-menerus dengan herbal QnC Jelly Gamat

Cara Menghilangkan Cegukan Terus-Menerus Dengan Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *