Benarkah Konsumsi Coklat Dapat Mencegah Kepikunan Dini?

Apotek45.com – Anda penikmat coklat? Jika ya, Anda sangat beruntung karena selain rasanya yang lezat dan enak banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi coklat selain dapat mengembalikan mood seseorang yang jelek, salah satu di antara manfaat lainnya yaitu dapat mencegah kepikunan lebih dini dan menguatkan memori pada lansia.

Benarkah Konsumsi Coklat Dapat Mencegah Kepikunan Dini?

Menjadi tua memanglah takdir yang tak bisa dihindari, begitu juga dengan kepikunan dan lupa. Hal ini terjadi karena fungsi otak yang menurun di area dentate gyrus, yakni area yang terletak pada hippocampus yang berfungsi untuk menyimpa memori ataupun kenangan baru.

Pada usia mencapai lebih dari 65 tahun, 40% kemampuan pada memori otak lansia bisa semakin menurun sehingga menyebabkan para lansia mudah mengalami kepikunan.

Bila hal ini dibiarkan, kepikunan yang telah dialami para lansia bisa berisiko menyebabkan hal yang sangat serius seperti dementis atau alzheimer.

Lantas, benarkah coklat bisa memulihkan lupa ingatan atau kepikunan lebih dini?

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan para ilmuwan yang berasal dari Columbia University Medical Center serta Mars Inc, perusahaan yang kini sedang bergerak di bidang industri makanan pernah mengatakan bahwa kandungan seperti flavanol alami dalam kakao atau buah coklat bisa mengembalikan sebuah penurunan daya ingat terhadap para lansia.

Baca juga : Masih muda tapi pelupa? cari tahu yuk apa penyenan pikun di usia muda!

Para peneliti juga menemukan bahwa hilangnya memori pada lansia yang diakibatkan oleh penuaan bisa diminimalisir dengan cara mengkonsumsi coklat yang kaya akan kandungan flavanol.

Benarkah Konsumsi Coklat Dapat Mencegah Kepikunan Dini?

Scott A Little salah satu peneliti beserta timnya juga pernah menyatakan bahwa kandungan flavanol merupakan senyawa bioaktif yang telah ditemukan dengan secara alami dalam buah-buahan serta sayur-sayuran yang sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi otak.

Dan untuk mengetahui sebuah manfaat lebih lanjut terhadap kandungan flavanol dalam coklat, Marc Inc telah memproduksi sebuah minuman coklat yang memakai kandungan flavanol dengan tujuan hanya untuk penelitiannya.

Para partisipan yang berjumlah >30 orang tersebut, yang terdiri dari para lansia yang sudah berusia 50 – 69 tahun.

Para partisipan tersebut diberi makanan coklat selama masa penelitian dengan dosis sebesar 900 miligram dan 10 miligram. Hasila penelitian tersebut menunjukkan bahwa ternyata partisipan yang sudah mengkonsumsi coklat tersebut lebih tinggi untuk menampilkan sebuah doto scan otak yang sangat lebih baik ketimbang mereka yang mengkonsumsi minuman coklat lebih rendah.

“Saat kami mengambil sebuah foto scan terhadap subjek dari penelitian, kami telah menemukan adanya perbaikan yang cukup nyata terhadap sebuah fungsi dari “dentate gyrus” bagi mereka yang sudah mengkonsumsi makanan coklat flavanol dengan dosis yang lebih tinggi”, ujar Adam M Brickman selaku peneliti yang tergabung dalam forum “Associate Professor of Neuropsychology” yang terletak di the Taub Institute.

Namun Anda juga tidak boleh mengkonsumsi coklat sembarangan, karena para peneliti memperingatkan bahwa bukan berarti coklat bisa dikonsumsi dengan sembarangan dan dalam dosis yang berlebihan, karena tiap orang belum tentu bisa mendapat hasil yang sama dengan orang yang mendapat manfaat dari kandungan flavanol adalam coklat.

Bliau lebih menyarankan untuk melakukan aktivitas seperti olahraga agar bisa meminimalisir kepikunan.

Sumber : drozindonesiatranstv.blogspot.co.id

Itulah informasi mengenai manfaat mengkonsumsi coklat dapat mencegah kepikunan lebih dini. Semoga dengan informasi ini dapat membantu Anda agar bisa mencegah kepikunan atau pelupa lebih dini, sehingga masa-masa tua yang akan datang tak terkena penyakit pikun.

Karena bagaimanapun mencegah akan lebih baik daripada harus mengobati.

Posted by : http://apotek45.com/

Benarkah Konsumsi Coklat Dapat Mencegah Kepikunan Dini?

Artikel kesehatan lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *