Ini Bahaya Yang Ditimbulkan Bila Terlalu Sering Telat Makan

apotek45.com – Biarpun terlihat sepele, telat makan dalam jangka waktu yang lama bisa membahayakan kesehatan. Kebiasaan buruk ini sudah seharusnya dihilangkan, mengingat bahayanya risiko yang dapat terjadi jika sering terlambat makan di tambah dengan tidak teraturnya makan.

Akibat Telat Makan Bagi Kesehatan

Ini Bahaya Yang Ditimbulkan Bila Terlalu Sering Telat MakanAkibat dan bahaya telat makan bila dilakukan dalam jangka waktu panjang atau terlalu sering :

Mudah lelah, letih, lesu, dan murung

Ketika Anda terlambat makan, suplai glukosa ke otak ototmatis akan terganggu. Jika cadangan glukosa dalam tubuh mengalami penurunan, akibatnya tubuh tidak akan berfungsi secara optimal dan yang terjadi adalah Anda akan mudah lelah, dan lesu. Gula dalam darah akan berpengaruh terhadap memori, konsentrasi, serta kinerja mental ataupun fisik.

Baca : Obat Tradisional Penyakit Gula Paling Ampuh

Metabolisme melambat

Metabolisme tubuh akan tetap berjalan meski tubuh sedang istirahat. Tujuannya untuk membakar kalori dan mengubahnya menjadi energi. Tingkat metabolisme tubuh ini ditunjang oleh asupan kalori.

Jadi, pastikan Anda mengkonsumsi kalori dengan jumlah banyak untuk menunjang proses pembakaran energi.

Dampak telat makan bagi metabolisme tubuh adalah metabolisme tubuh yang menyimpan kalori akan melambat. Dampaknya, Anda akan menjadi lemas, letih, lesu dan kurang bertenaga.

Kram perut

Banyak orang yang kerap menangguhkan waktu makan dan berfikir hal tesebut bisa menjadi jalan untuk menurunkan berat badan. Namun yang perlu Anda tahu, bahwa hal tersebut justru sangat berbahaya.

Jika Anda sampai telat makan bisa menyebabkan Irritable Bowel Syndrome (kram usus) yang mengacu pada kumpulan gejala kronis, stress, lambung, termasuk kram perut dan nyeri, sembelit, diare dan kembung.

Penyakit ini bisa disebabkan oleh sindrom iritasi usus akibat pola makan yang salah.

Baca : Cara Alami Mengobati Iritasi Lambung Dengan Cepat dan Aman

Tanda stress

Nyeri pada perut dan sering melewatkan waktu makan bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami stress. Ini karena, saat berhadapat dengan faktor stres secara fisik atau mental, tubuh akan merespon dengan reaksi perlawanan alami.

Seperti diungkapkan oleh Georgetown University Health Education Services, bahwa bentuk-bentuknya bisa seperti lupa makan, sakit kepala, cemas dan mengalami kram perut.

Tukak lambung atau Radang Lambung atau Luka Lambung

Seperti yang diungkapkan dalam Journal of the American Medical Association, stress melewatkan waktu makan dan jam tidur yang salah berkontribusi meningkatkan beban asam duodenum atau usus 12 jari yang menjadi penyebab berkembangnya atau memperburuk gejala penyakit tukak lambung.

Sumber : tabloidnova.com

Baca : Obat tradisional luka atau tukak lambung

Jadi, mulai dari sekarang Stop kebiasaan menunda makan jika tidak ingin mengalami gangguan-gangguan berbahaya seperti di atas.

Itulah informasi mengenai bahaya telat makan bagi kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat dan menjadikan acuan bagi Anda untuk tidak lagi waktu makan Anda.

Posted by : http://apotek45.com/

Ini Bahaya Yang Ditimbulkan Bila Terlalu Sering Telat Makan

Artikel kesehatan lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *