Ini Bahaya Sembelit atau Konstipasi Pada Anak Yang Patut Diwaspadai

Ini Bahaya Sembelit atau Konstipasi Pada Anak Yang Patut Diwaspadai

Apotek45.com – Konstipasi (sembelit), atau susah buang air besar seringkali dianggap remeh. Padahal, jika hal ini tidak segera diatasi dalam waktu yang lama konstipasi bisa semakin parah dan bisa menyebabkan komplikasi penyakit seperti kanker usus. Dan yang paling parah mungkin bisa menyebabkan kematian.

Ini Bahaya Sembelit atau Konstipasi Pada Anak Yang Patut Diwaspadai

Konstipasi terbagi menjadi dua jenis, yakni primer dan sekunder. Jika proses pencernaan dari lambung sampai usus normal namun feses sulit keluar, ini disebut konstipasi primer.

Namun, konstipasi yang terjadi karena proses pencernaan berlangsung lambat disebut konstipasi sekunder. Jenis konstipasi ini biasa diderita oleh orang lanjut usia (lansia).

Baca : penyebab dan gejala konstipasi pada bayi/anak

Ini bahaya sembelit atau konstipasi pada anak yang mesti diwaspadai:

» Anal fissures

adalah robeknya mukosa anus ketika kondisi tinja anak sangat besar ataupun keras, sehingga sulit dikeluarkan melalui anus secara normal.

» Wasir

Sembelit kronis juga dapat menyebabkan wasir. Pembengkakan pada bibir anus ini bisa juga menyebabkan iritasi, nyeri dan gatal.

» Megacolon

adalah kondisi perbesaran usus karena menumpuknya feses yang dapat mengakibatkan bayi mengalami radang usus. Dalam jangka panjang, hal ini akan menyebabkan inkontinensia fekal (ketidakmampuan rectum untuk menahan feses).

» Impaksi tinja

Impaksi tinja terjadi ketika akumulasi tinja yang begitu banyak dalam usus besar. Tanda-tanda impaksi tinja mungkin termasuk perut buncit, ketidaknyamanan, kehilangan nafsu makan, muntah, atau demam.

Selain bahaya komplikasi akibat konstipasi pada anak, bahaya komplikasi akibat penyakit ini juga bisa terjadi pada orang dewasa, dan bahkan penderita konstipasi bisa mengalami infeksi saluran kandung kemih.

Ini karena, tempat feses atau rektum berdampingan dengan kandung kemih. Massa dalam rektum yang terlalu banyak dan tidak bisa dikeluarkan akan menekan kandung kemih. Dan akhirnya, ini akan mengganggua frekuensi pembuangan urin sampai berisiko gagal ginjal.

Mengingat banyaknya bahaya yang bisa ditimbulkan konstipasi pada anak dan dewasa, maka jangan sepelekan aktivitas BAB Anda dan keluarga ya.

» Rekomendasi pengobatan dan pencegahan konstipasi yang alami dengan obat herbal QnC Jelly Gamat yang terbuat dari 100% teripang emas terbaik yang efektif dalam membantu melancarkan pembuangan dan masalah di pencernaan.

Ini Bahaya Sembelit atau Konstipasi Pada Anak Yang Patut Diwaspadai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *