kesehatan

Bahaya Kanker Prostat Dapat Dicegah Dengan Trik Jitu Ini

apotek45.com – Prostat merupakan organ yang terletak dibawah kandung kemih yang sangat rentan terkena kanker ganas.

Bahaya Kanker Prostat Dapat Dicegah Dengan Trik Jitu IniKanker prostat terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi, dan berkembang di luar kendali, serta masuk ke organ tubuh lain, terutama pada bagian tulang.

Oleh karena itu, penerapan pola hidup yang sehat dan benar perlu dilakukan guna mengantisipasi kanker ganas tersebut datang menyerang Anda.

Bahaya Kanker Prostat

Secara medis, kanker prostat rentan dialami Anda yang memiliki garis keturunan penderita dan berusia 40-50 tahun. peningkatan kadar hormon testosteron, diet tinggi lemak, dan toksik juga dapat menjadi penyebab kanker prostat ini.

“Namun sekedar informasi saja, kanker prostat tidak menular, tapi sangatlah berbahaya,” Ucap Profesor dr rainy, dari Departemen Urologi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dalam seminar kesehatan bertema Kenali dan Waspadai Kanker Prostat di Hotel Le Merifdien, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pada tahap lanjut, kanker prostat bisa menyebabkan kematian, terutama pada pria berusia diatas 74 tahun.

Sedangkan pria yang memiliki risiko lebih tinggi terserang kanker prostat adalah pria berusia diatas 60 tahun.

“Data RSCM dan RS Dharmais menunjukkan kenaikan jumlah penderita kanker prostat hingga tiga kali lipat dalam sepuluh tahun terakhir,” tandas Rainy. Tapi biasanya kanker prostat jarang ditemukan pada pria berusia di bawah 40 tahun.

Komplikasi yang dapat terjadi pada kanker prostat yang sudah masuk dalam tahap akhir atau stadium4 :

  • Kesulitan berkemih
  • Tulang terasa nyeri dan menjadi rapuh.
  • Anemia.
  • Kejang, ini bisa terjadi apabila sel kanker prostat sudahmenyebar ke otak.
  • Gagal ginjal.
  • Penyakit paru-paru.

Tips dan Trik Jitu Mencegah Kanker Prostat Dengan Cara Sederhana

Baca : Obat Tradisional Kanker Prostat

Tim peneliti dari Harvard School of Public Health di Boston mengklaim ada satu cara sederhana untuk melindungi pria dari kanker prostat. Cara itu tidak lain adalah dengan jam tidur yang cukup.

Bahaya Kanker Prostat Dapat Dicegah Dengan Trik Jitu IniMenurut penelitian tersebut, pria yang cukup tidurnya berisiko 70 persen lebih rendah terkena kanker prostat karena di dalam tubuh mereka terkandung hormon tidur atau melatolin yang tinggi.

Melatolin bukan sembarang hormon, karena dapat membantu mengelola siklus tidur seseorang serta mempengaruhi berbagai fungsi tubuh yang berkaitan dengan ritme kikardiannya.

Peneliti telah memastikan temuannya ini dengan mengetes kadar melatolin 928 pria asal Islandia, kemudian kondisi kesehatan mereka terus dipantau selama tujuh tahun.

Dan ternyata 111 partisipan didiagnosis dengan kanker prostat, termasuk 24 orang yang kankernya sudah mencapai stadium lanjutan.

“Kurang tidur dan faktor lainnya dapat mempengaruhi jumlah sekresi melatolin atau bahkan menghambat produksinya sama sekali. Padahal banyak gangguan kesehatan yang dikaitkan dengan rendahnya melatolin dalam tubuh, gangguan tidur dan gangguan ritme sirkadian tubuh, termasuk risiko kanker,” tutur ketua tim peneliti Sarah Markt seperti dilansir Daily Mail, Senin (20/1/2014)

Dengan kata lain peneliti berupaya menyampaikan bahwa pria yang aktif bergerak meskipun mengidap kanker prostat berisiko lebih kecil untuk mengalami kekambuhan dan kematian.

Kendati begitu, mulai dari sekarang perbaiki pola tidur Anda beserta pola hidup dan pola makan Anda bila kanker prostat tidak ingin menyerang bagian tubuh terpenting Anda tersebut.

Posted by : http://apotek45.com/

Bahaya Kanker Prostat Dapat Dicegah Dengan Trik Jitu Ini

Artikel menarik lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *