Aneka Buah Untuk Atasi Konstipasi atau Sembelit Pada Ibu Hamil

Aneka Buah Untuk Atasi Konstipasi atau Sembelit Pada Ibu Hamil

apotek45.com – Sembelit atau konstipasi merupakan salah satu fenomen yang sering terjadi pada tahap awal kehamilan. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormon progesterone di dalam tubuh.

Selain itu, bertambahnya usia kehamilan, sembelit juga disebabkan oleh tekanan dari janin terhadap sistem pencernaan sehingga feses mengeras dan sulit untuk keluar.

Aneka Buah Untuk Atasi Konstipasi atau Sembelit Pada Ibu Hamil

Baca : penyebab konstipasi pada ibu hamil dan cara mengatasinya

Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia untuk mengatasinya. Karena akan berisiko dan berbahaya bagi janin.

Dalam menangani sembelit atau konstipasi, sebaiknya ibu menggunakan ramuan alami seperti makanan yang mengandung serat tinggi berupa sayur dan buah.

Namun, sebelum Anda melakukan pengobatan atau pencegahan dengan cara alami ini tak ada salahnya untuk lebih dulu berkonsultasi dengan dokter.

Banyak sumber makanan yang mengandung serat, namun tidak semua jenis makanan tersebut bisa digunakan untuk mengatasi sembelit saat hamil. Hal ini harus ditinjau dari berbagai aspek seperti faktor keamanan bagi kehamilan, untuk itu meminta saran dokter terlebih dulu akan lebih efektif untuk menjalani terapi pencegahan dengan buah.

Lantas, buah-buahan apa saja yang baik dan aman bagi ibu hamil yang menderita konstipasi atau susah buang air besar?

Berikut ini, Aneka buah untuk atasi konstipasi atau sembelit pada ibu hamil

» Pepaya
Sangat efektif dan ampuh mengatasi sembelit pada bu hamil, dan bahkan baik untuk dikonsumsi semua orang yang mengalami konstipasi, termasuk anak-anak. Karena pepaya mengandung vitamin dan serat cukup tinggi.

Disamping itu, pepaya juga mengandung enzim papain untuk melunakkan feses di dalam usus besar, sehingga lbeih mudah untuk keluar.

Anda bisa mengkonsumsi secara rutin untuk membantu mengatasi masalah sembelit.

» Aneka buah berry
Aneka Buah Untuk Atasi Konstipasi atau Sembelit Pada Ibu HamilJenis buah-buahan berry umumnya adalah sumber serat yang baik, termasuk strowberry, bluberry, blackberry, dan juga raspberry. Semuanya mengandung serat cukup tinggi, serta rendah kalori.

Buah strowberry diketahui mengandung vitamin C cukup tinggi yang memiliki peran penting dalam mengingkatkan fungsi pencernaan. Selain itu, buah strowberry juga sangat berguna untuk mengingkatkan sistem imun, sehingga ibu hamil tidak mudah sakit.

» Buah kurma
Dibalik bentuknya uang kecil, ada berbagai manfaat kurma bagi kesehatan, salah satunya baik untuk menjaga kesehatan janin, dan juga mencegah serta mengatasi sembelit.

Kurma memiliki kemampuan laksatif dan sering digunakan untuk mengobati sembelit atau konstipasi. Hal ini tak lepas dari tingginya serat pangan, baik larut maupun tidak larut yang dimiliki kurma.

Serat pangan baik untuk melancarkan pencernaan dan membersihkan sistem pencernaan dari racun.

» Buah apel dan pir
Aneka Buah Untuk Atasi Konstipasi atau Sembelit Pada Ibu HamilMengkonsumsi buah-buahan segar dapat membantu Anda dalam mengatasi sekaligus mencegah sembelit. Ini karena kebanyakan buah-buahan mengandung serat. Buah pir dan apel merupakan beberapa di antaranya yang baik bagi Anda.

Apel dan pir yang berukuran kecil hingga sedang dapat menyediakan setidaknya 3-4 gram serat untuk pencernaan Anda.

Selain melancarkan pencernaan, buah-buahan ini juga cukup ampuh untuk mengobati diare (diarrhea), membantu melancarkan pembuangan kotoran dari sistem pencernaan jika Anda sembelit, serta membuat kotoran menjadi lebih padat ketika Anda mengalami masalah diare.

» Kismis
Buah kismis terbukti ampuh untuk mengatasi sembelit pada waktu hamil. Hal ini karena kismis mengandung serat cukup tinggi, dan digadang-gadang sebagai salah satu obat pencahar alami dan aman bagi ibu hamil.

Tips Mencegah Konstipasi-sembelit-buang air besar

Mencegah sembelit bukanlah hal yang sulit, karena erat kaitannya dengan pola makan sehari-hari. Dengan sedikit mengubah pola makan sehari-hari Anda bisa terbebas dari sembelit.

Dengan menjalankan pola makan sehat dan seimbang, yang berarti menyertakan buah dan sayuran, serta minum air yang cukup, sudah cukup membantu dan memastikan bahwa sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik.

Itu lah informasi mengenai Aneka Buah Tinggi Serat, yang baik dikonsumsi wanita hamil sebagai pencegahan dan pengobatan secara alami. Terimakasih telah berkunjung, semoga artikel ini menambah pengetahuan mengenai makanan tinggi serat yang baik dan aman untuk ibu hamil. Salam sehat!

Baca : penyebab serta gejala konstipasi pada bayi

Aneka Buah Untuk Atasi Konstipasi atau Sembelit Pada Ibu Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *